Oleh: mahapena SMKN Pasirian | 15 April 2011

Remaja Muslim di Kepung dengan Budaya Valentine

Pernah jalan-jalan di Mal, Toko buku-toko buku, pas bulan Februari ini coba deh kamu jalan-jalan ke mal-mal, toko buku-toko buku, coba perhatikan di sekeliling anda, diatap-atap or langit-langit terpampang gambar warna merah jambu, ada yg berbentuk dua buah hati jambu, kayaknya sih meriah banget…apalagi pas kamu sedang bersama doi, wuih kelihatan romantis tis..tis..tis…(yg ini pasti perasaan kamu).

Memangnya, ada apa dengan bulan Februari sih, kok banyak terpampang gambar hati merah jambu?, Di antara meriahnya warna merah jambu terpampang tulisan besar-besar “Happy Valentine Day”, di TV dan Radio, majalah maupun Koran pun seolah tidak ingin ketinggalan menampilkan iklan Hari Valentine, memanfaatkan isu valentine day dengan menyelenggarakan acara-acara wah, apalagi hal ini juga dimeriahkan dengan remaja putra-putri yang sedang asyik gaul.

Ya itulah…hari valentine, or hari dimana kita berkasih sayang, dulu pas SMP sih saya denger aja apa hari valentine day itu, tapi waktu itu nggak tahu apa sih sebenarnya valentine day, apa lagi ikut merayakannya… Baca Lanjutannya…

Oleh: mahapena SMKN Pasirian | 15 April 2011

MEMPERBAIKI INGATAN ANDA

SEBAGAI seorang pelajar, anda perlu mempunyai ingatan yang baik. Jika tidak, sukar bagi anda menjawab soalan peperiksaan ataupun ujian.

Bagi mengatasi masalah tersebut, saya mencadangkan beberapa perkara yang boleh anda ikuti sebagai panduan.

1. Pastikan kenapa anda perlu mengingati sesuatu dan cuba arahkan. kuasai dan fahami tuiuan serta sebab-sebab anda belajar.

Selalu ingatkan diri sendiri tujuan sebenar belajar dan yang penting sebabnya mestilah kuat dan jelas.

Daya penggerak ke arah ini boleh diperkuatkan lagi dengan: Baca Lanjutannya…

Oleh: mahapena SMKN Pasirian | 4 Maret 2011

MENGATASI KONFLIK DENGAN ORANG LAIN

Tidak bisa dihindari, dalam satu proses komunikasi pasti ada aja miss– nya. Ada perbedaan dan ada pertentangan pendapat yang kemudian dapat mengarahkan pada terjadinya konflik. Konflik merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan dalam sebuah hubungan antar-orang. Sayangnya, ada kecenderungan di masyarakat kita yang menganggap konflik sebagai hal yang harus dihindari. Padahal sebenarnya konflik juga bisa bersifat positif dan membuat hubungan menjadi lebih sehat. Karena, konflik dapat meningkatkan kesadaran tentang adanya masalah dalam hubungan tersebut, dapat juga memberikan kekuatan dan motivasi untuk menghadapi masalah dan bukannya menghindari masalah, dapat membuat hidup menjadi lebih menarik, dapat membantu membuat keputusan yang lebih baik, dapat membantu kita memahami dan lebih mengerti diri kita sendiri, dan dapat memperdalam suatu hubungan.

Baca Lanjutannya…

Oleh: mahapena SMKN Pasirian | 12 Februari 2011

5 Cara Menemukan Potensi Karier

“Kenali diri dan lawan Anda dengan baik dan kemenangan akan Anda raih.”

(Sun Tzu)

Kita sering mendengar bahwa kunci untuk menemukan potensi karir adalah memahami diri sendiri. Namun hal ini justru kerap kali membuat kita menjadi bertanya “Apa saja yang perlu saya pahami dari diri saya sendiri?” Untuk memahami diri Anda secara penuh, Anda perlu menganalisis lima hal berikut yang akan menjadi kunci dahsyat dalam menemukan potensi karir Anda:

Kunci No. 1:  Sikap dan motivasi dalam bekerja

Sebagian besar sikap terbentuk pada masa-masa awal kehidupan setiap orang. Sikap ini terbentuk melalui pengamatan tentang apa yang dilakukan orang dalam bekerja dan mendengarkan orang berbicara tentang pekerjaan. Sikap cenderung tidak berubah, sedangkan motivasi untuk bekerja cenderung berubah seiring dengan tahapan kehidupan yang dijalani.

Baca Lanjutannya…

Oleh: mahapena SMKN Pasirian | 31 Januari 2011

BAHAYA NARKOBA BAGI REMAJA

Tidak Ada Masa Depan

Apakah narkoba itu? Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya/obat berbahaya yang jika dimasukkan ke dalam tubuh manusia baik melalui cara dihirup maupun dengan cara disuntikkan dapat mengubah pikiran, suasana hati, atau perasaan dan perilaku seseorang.

Apakah narkotika itu? Narkotika adalah Baca Lanjutannya…

Oleh: mahapena SMKN Pasirian | 31 Januari 2011

CARA MENGENDALIKAN EMOSI

Kendalikan Emosi

A. Pengertian Emosi

Amarah adalah salah satu emosi yang kita miliki dan merupakan respon yang sangat manusiawi. Namun hal ini tidak dapat dijadikan alasan untuk tetap memelihara kebiasaan marah yang tidak sehat. Ada beberapa orang yang memiliki masalah untuk mengendalikan emosi ini, dan seringkali mengorbankan orang lain yang tidak seharusnya menerima amarah mereka.

Baca Lanjutannya…

Oleh: mahapena SMKN Pasirian | 28 Januari 2011

ETIKA BERDO`A

 

Doa Yang Di Kabulkan

DOA adalah salah satu media kita untuk bermunajat dan mendekatkan diri kita sama Allah SWT sang pencipta Alam semesta ini…

“Aku tidak menciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk Mnyembah-Ku”

  1. Terlebih dahulu sebelum berdo`a hendaknya memuji kepada Allah kemudian bershalawat kepada Nabi Shallallaahu alaihi wa Sallam. Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam pernah mendengar seorang lelaki sedang berdo`a di dalam shalatnya, namun ia tidak memuji kepada Allah dan tidak bershalawat kepada Nabi Shallallaahu alaihi wa Sallam maka Nabi bersabda kepadanya: “Kamu telah tergesa-gesa wahai orang yang sedang shalat. Apabila anda selesai shalat, lalu kamu duduk, maka memujilah kepada Allah dengan pujian yang layak bagi-Nya, dan bershalawatlah kepadaku, kemudian berdo`alah”. (HR. At-Turmudzi, dan dishahihkan oleh Al-Albani). Baca Lanjutannya…
Oleh: mahapena SMKN Pasirian | 25 Januari 2011

SUDAH PANTASKAH KAMU PACARAN ?

Kenapa Berpacaran Disebut Jelek

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu tentunya tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Soalnya sebagai mahluk sosial, keberadaan orang lain (seperti teman) sangatlah penting. Bisa terbayangkan, bagimana sepinya hidup ini tanpa adanya teman.

Pada saat remaja, kita pasti ingin memperluas pergaulan kita dengan banyak teman. Tidak hanya pada teman yang kelaminnya sejenis saja, tapi juga dengan teman yang berbeda jenis kelamin. Keinginan ini merupakan hal yang wajar, karena pada kenyataannya kita ditakdirkan hidup di dunia ini dengan pasangan yang berbeda jenis. Baca Lanjutannya…

Oleh: mahapena SMKN Pasirian | 25 Januari 2011

BILA KAMU PATAH HATI

 

Broken Heart

Sikap mental remaja yang masih labil, terkadang membuat kita cenderung tidak memiliki pendirian dalam bersikap dan bertindak. Selain itu, kita juga masih lemah mengontrol emosi apabila kita menghadapi suatu permasalahan. Misalnya saja ketika kamu dan doi baru saja bubaran, bisa-bisa kamu jadi tidak enak makan, tidak enak tidur, tidak enak belajar, dan tidak enak melakukan berbagai hal lainnya. Bahkan kamu bisa terkena frustasi berat, apabila hubungan kamu dengan si doi sudah terjalin bertahun-tahun. duh…! rasanya pasti sakit banget kan.

Ketika patah hati, proses penyembuhannya memerlukan waktu. Panjang pendeknya waktu yang dibutuhkan, bergantung pada kualitas kepribadian tiap individu. Kalau kamu memiliki kekuatan iman, tentunya patah hati dapat dengan mudahnya disembuhkan. Akan tetapi, kalau kualitas iman kamu cuman pas-pasan pasti sembuhnya juga lama. Bahkan, parahnya lagi keinginan bunuh diri juga kerap kali muncul. ih, amit-amit deh…. Baca Lanjutannya…

Oleh: mahapena SMKN Pasirian | 25 Januari 2011

Cara Menjadi Orang Yang Paling Bahagia Di Dunia

Bahagia Fitrah Anda

“Adakalanya jiwa ini mengeluh

karena musibah yang menimpanya,

padahal ada jalan keluarnya semudah membuka ikatan”

 

Apakah yang disebut bahagia? apakah bahagia itu ada pada harta ataukah pada kedudukan dan keturunan. Jawabannya beragam. Akan tetapi, marilah kita perhatikan kebahagiaan yang dialami oleh seorang wanita yang disebutkan dalam kisah berikut : Baca Lanjutannya…

Older Posts »

Kategori