Oleh: mahapena SMKN Pasirian | 20 Januari 2011

MANFAAT MUSIK BUAT KAMU

Expresikan Dirimu

Disadari atau tidak, musik memiliki kemampuan mempengaruhi hidup manusia. Pasalnya dengan mendengarkan musik, seseorang dapat menghadirkan suasana yang mempengaruhi batinnya. Apakah suasana bahagia atau sedih? bergantung pada pendengar itu sendiri, yang jelas musik mampu memberikan semangat pada jiwa yang lelah.

Musik sendiri berfungsi sebagai bagian dari seni, dan juga sebagai kebutuhan dari kehidupan masyarakat di dunia saat ini. Penekanan unsur musik sendiri, tak hanya sekedar bunyi-bunyian maupun suara-suara saja, namun lebih pada sesuatu yang lebih bernilai tinggi dan memberikan arti lebih bagi kehidupan.

Dengan kemampuannya membuat perasaan seseorang pada suasana nyaman, musik juga dapat difungsikan sebagai sarana terapi kesehatan. Pasalnya saat mendengarkan musik, gelombang listrik di otak pendengar dapat diperlambat dan dipercepat. Alhasil, kinerja sistem tubuh tentunya mengalami perubahan.

Bahkan, musik mampu mengatur hormon-hormon yang mempengaruhi stress, serta mampu meningkatkan daya ingat pada otak pendengar musik tersebut.

Selain mempengaruhi otak, Musik juga memiliki kekuatan untuk mempengaruhi denyut jantung dan tekanan darah sesuai dengan frekuensi, tempo, dan volume musik yang didengarkan. Makin lambat tempo musik, denyut jantung semakin lambat dan tekanan darah menurun.

Alhasil pendengar pun terbawa dalam suasana rileks, baik pada pikiran ataupun pada tubuh. Oleh karena itu, sejumlah rumah sakit di luar negeri mulai menerapkan terapi musik pada pasiennya yang mengalami rawat inap.

Mengapa musik memiliki peranan yang begitu kuat bagi manusia ? “Salah satunya, manusia memang hidup dalam lingkungan irama. Bahkan dalam tubuh manusia pun ada musik, mulai dari irama detak jantung, pernapasan, sampai berbagai aktivitas otak. Selain itu, tubuh juga terpapar musik dari luar. Maka tak salah jika dikatakan bahwa semua irama yang kita dengar, yang kita buat dan yang kita miliki bergabung membentuk semacam konser kehidupan,” kata dr Lydwina Paramita.(sumber: surya)

Sebenarnya, penggunaan musik di dunia medis sudah dikenal oleh jaman nenek moyang. Misalnya saja nenek moyang bangsa Afrika yang menggunakan lantunan suara dan perkusi untuk membantu proses penyembuhan. Bahkan, mereka(nenek moyang Afrika, red) juga menggunakan musik untuk menyemangati prajuritnya ketika berperang dengan suku lain.

By: Mr_Law


Responses

  1. memang musik anugerah terindah yang diberikan tuhan buat manusia…. teruslah bermusik yang positif


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: