Oleh: mahapena SMKN Pasirian | 12 Februari 2011

5 Cara Menemukan Potensi Karier

“Kenali diri dan lawan Anda dengan baik dan kemenangan akan Anda raih.”

(Sun Tzu)

Kita sering mendengar bahwa kunci untuk menemukan potensi karir adalah memahami diri sendiri. Namun hal ini justru kerap kali membuat kita menjadi bertanya “Apa saja yang perlu saya pahami dari diri saya sendiri?” Untuk memahami diri Anda secara penuh, Anda perlu menganalisis lima hal berikut yang akan menjadi kunci dahsyat dalam menemukan potensi karir Anda:

Kunci No. 1:  Sikap dan motivasi dalam bekerja

Sebagian besar sikap terbentuk pada masa-masa awal kehidupan setiap orang. Sikap ini terbentuk melalui pengamatan tentang apa yang dilakukan orang dalam bekerja dan mendengarkan orang berbicara tentang pekerjaan. Sikap cenderung tidak berubah, sedangkan motivasi untuk bekerja cenderung berubah seiring dengan tahapan kehidupan yang dijalani.

Kunci No. 2:    Lingkungan kerja  yang Anda inginkan

Ada orang yang sangat yakin memahami lingkungan kerja yang ia inginkan. Sangat mudah bagi orang semacam ini untuk mengarahkan karirnya. Tetapi ada juga orang yang tidak peduli dengan lingkungan kerjanya. Mempertimbangkan aspek lingkungan kerja berarti membuka potensi karir. Putuskan lingkungan seperti apa yang Anda inginkan, baik fisik atau non-fisik. Poin ini akan mempengaruhi semangat Anda dalam menjalani hari-hari kerja Anda.

Kunci No. 3:   Orang, data, atau benda yang Anda inginkan dalam bekerja

Poin ini adalah kunci menuju kepuasan karir. Jika Anda bekerja pada preferensi yang tidak sesuai mungkin mengenai orang yang bekerjasama dengan Anda, data yang Anda geluti, atau benda yang Anda tangani, Anda akan menemukan diri  Anda berada pada ketidak bahagiaan karir. Pada tingkatan

selanjutnya hal ini akan berdampak pada ketidak bahagiaan hidup. Semua ini bisa diatasi dengan perubahan kecil atau modifikasi besar-besaran peran karir yang Anda lakoni atau tipe orang yang bekerjasama dengan Anda.

Kunci No. 4:    Keterampilan yang Anda miliki

Banyak orang yang merasakan bahwa pekerjaan yang ia lakukan sebenarnya bukan aktivitas favoritnya. Namun, mereka tidak mengetahui jenis keterampilan apa saja yang ia miliki. Alasannya adalah mereka mengira apa yang sudah dikerjakannya selama bertahun-tahun, itulah keterampilannya, dan merasa puas dengan yang ada. Tidak perlu menunggu orang lain menunjukkan kehebatan Anda. Cobalah berbagai hal yang mungkin pernah Anda minati untuk mengetahui keterampilan hebat lainnya yang milik Anda.

Kunci No. 5:   Imbalan uang yang Anda harapkan

Sungguh suatu kekeliruan apabila uang dianggap sebagai satu-satunya pertimbangan dalam memutuskan berkarir, tetapi juga keliru jika tidak dipertimbangkan sama sekali. Anda belum membuka potensi karir sebelum menemukan harapan Anda terhadap kompensasi. Jujurlah kepada diri Anda sendiri apa yang Anda inginkan dari pekerjaan. Apabila tidak, mungkin Anda akan masuk dalam suatu pekerjaan sebelum tahu persis apa pekerjaan tersebut.

Selamat melakukan pencarian potensi milik Anda. Setelah mengetahui apa yang anda inginkan dan apa yang harus Anda tawarkan, Anda akan menemukan karir yang menjanjikan serta memuaskan. Andalah yang berhak memutuskan untuk menjadi yang terhebat dan merencanakan yang terbaik bagi diri Anda.

By: Mr_Law


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: